08 June 2009

PERAWATAN PALIATIF

Untuk kang Yanto mohon maaf kalau baru saat ini aku sempat menuliskan apa yang menjadi perbincangan kita tempo hari. Sebenarnya berat juga saya untuk menuliskannya. Namun oleh karena mengingat ceritamu. Saya tergerak untuk menuliskannya. Pertama saya ikut prihatin dengan kondisi ibu yang harus dilakukan tindakan medis. Kedua, untuk keluarga Tuhan memberikan kesabaran yang penuh dengan apa yang diderita ibu sekarang.

Ada suatu istilah medis yang pernah diberikan kepada saya tempo hari oleh dokternya "almarhum". Bahwa jika seseorang yang divonis dengan Kanker maka perlu diberikan perawatan Paliatif. Dimana tindakan ini dimaksudkan/berguna untuk meringankan beban penderita kanker, terutama yang tak mungkin disembuhkan. Yaitu menghilangkan rasa nyeri dan keluhan yang dirasakan pasien. Jadi bukan menyembuhkan penyakit kanker pasien/penderita. Pada prinsipnya perwawatan Paliatif itu sbb :
  1. Menghargai setiap kehidupan
  2. Menganggap kematian sebagai proses yang normal
  3. Tidak mempercepat atau menunda kematian.
  4. Menghargai keinginan pasien dalam mengambil keputusan.
  5. Menghilangkan rasa nyeri dan keluhan yang lain yang mengganggu.
  6. Mengintegrasikan sisi psikologis, sosial dan spiritual
  7. Menghindarki tindakan medis yang sia-sia.
  8. Memberi dukungan yang diperlukan agar pasien tetap aktif sesuai dengan kondisinya sampai akhir hanyatnya.
Demikian kang Yanto informasi yang bisa saya berikan. Saya hanya ikut berdoa smoga ibu cepat dipulihkan kesehatannya. Salam sy untuk keluarga tak terkecuali.

No comments: