14 September 2011

MEMBUAT SIMBOL TOMBOL

Untuk membuat simbol tombol lakukan langka-langkah sebagai berikut :
  1. Pertama kali klik INSERT,  selanjutnya klik NEW SYMBOL
  2. Tulis nama simbol taombol pada INPUT NAME : misalnya "Tombol Profil". Kemudian pilih jenis simbol pada TYPE : BUTTON lalu tekan atau klik OK.
  3. Sehingga muncl tampilan kotak dialog editing tombol seperti gambar berikut :
  4. Buatlah bentuk tombol menggunakan RECTANGLE TOOL diatas tanda "+" (CROSS HAIR) di tengah layer. Setelah berhasil akan muncul titik hitam pada frame di bawah UP.
  5. Setelah Frame di bawah UP terisi objek persegi panjang yang ditandai dengan titik hitam. Selanjutnya salinlah isi Frame di bawah UP ke Frame di bawah OVER, DOWN dan HIT. Serta lakukan perubahan bentuk / warna. Adapun cara menyalin isi Frame ke Frame lainnya adalah sebgai berikut :
    Klik kanan pada Frame di bawah OVER. Kemudian klik INSERT KEYFRAME. Lalu gantilah warna objek, misalnya warna merah.


    Klik kanan pada Frame di bawah DOWN kemudia klik INSERT KEYFRAME. Kemudian gantilah warna objek, misalnya warna Kuning.


    Klik kanan pada Frame di bawah HIT. Lalu klik INSERT KEYFRAME. Kemudian gantilah warna objek, misal warna HIjau.
  6. Setelah semua Frame terisi objek (persegi panjang) dan diberi warna berlianan, misalnya objek di Frame UP berwarna Biru, di Frame OVER berwarna Merah, di Frame DOWN berwarna Kuning, dan di Frame HIT berwarna Hijau. Selanjutnya keluar dari menu EDITING SYMBOL menuju Layer utama dengan cara menekan Scene1(lihat gambar ) yang berada di bagian atas sebelah kiri.
  7. Bukalah Library yang membuat simbol-simbol dengan cara klik WINDOWS-->LIBRARY. Kemudian masukkan simbol tombol "Tombol Profil" yang berada di Library ke dalam layar utama dengan cara men-drag tombol kemudian ditarik.
  8. Untuk mencoba memainkan tombol. Silahkan menekan tombol CTRL+ENTER pada keyboard secara bersamaan. Kemudian sentuh dan klik pada tombol yang telah dibuat menggunakan Mouse.
Untuk melihat hasil file .fla silahkan download  disini
Sedang  hasil animasinya silahkan download disini

No comments: